Bila Saya Menjadi Densus 88

Banyak komentar mengenai pemberitaan tentang Densus 88 yang menembak mati terduga teroris. Banyak yang menyayangkan mengapa pihak Densus 88 menembak mati terduga teroris tersebut. Pendapat saya, pihak Densus 88 bekerja bukan hanya pada hari eksekusi penangkapan terduga teroris, saya yakin Densus 88 telah melakukan pengumpulan data atau informasi, mengkaji, menyelediki, memiliki chain of command atau command hierarchy atas teroris-teroris tersebut, dan hal-hal lainnya yang tidak diketahui masyarakat secara meluas. Yang kita dengar hanya pihak Densus 88 yang telah menembak mati terduga teroris di lapangan.

Ada beberapa alasan logis mengapa Densus 88 melakukan penembakan atas terduga teroris tersebut, terduga teroris tersebut melakukan perlawanan dengan menembak petugas terlebih dahulu, atau mungkin saja anggota Densus 88 memiliki pendapat bahwa terduga teroris tersebut telah memasangkan bom di pinggang mereka. Pertanyaannya bila saya menjadi Densus 88, yang pasti saya ingin menangkap hidup terduga teroris tersebut dan mengorek informasi darinya (walaupun saya juga punya informasi dari rekan yang disusupkan pada pihak mereka), atau bahkan saya menangkap mereka lalu melepaskannya sehingga mereka dapat membantu saya untuk mendapatkan informasi lebih jauh mengenai kelompok mereka. Hal-hal tersebut mungkin akan saya lakukan, namun ketika saya mencurigai bahwa terduga teroris yang ingin saya tangkap telah memasang bom pada pinggangnya, atau menaruh bom pada pintu rumah mereka, saya pastikan bahwa saya akan melumpuhkan atau dengan sangat terpaksa membunuhnya.

Kekuatiran kerja seperti itu tidak dirasakan oleh masyarakat luas, maka dari itu saya memberi sedikit pencerahan pemikiran dengan mengambil sudut pandang pihak Densus 88 itu sendiri.

Tag:, , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

